-->

Wednesday, November 18, 2015

5 Akibat Penumpukan Karang Gigi

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang karang gigi. Sehingga Anda telah mengetahui tentang karang gigi, penyebabnya dan ciri-ciri karang gigi. Pada artikel kali ini, akan di bahas mengenai dampak buruk karang gigi.

Tapi sebelum itu, mari kita mengingat kembali sekilas tentang karang gigi. Pada awalnya, karang gigi terbentuk dari plak. Plak ini hanyalah selapisan tipis dan lunak pada permukaan gigi. Seiring berjalannya waktu, plak ini mengalami proses pengerasan. Proses pengerasan ini umumnya memakan waktu 1-14 hari.

Apabila Anda tidak membersihkan karang gigi tersebut dan membiarkannya begitu saja, karang gigi tersebut akan menimbulkan masalah baru pada gigi Anda.
Berikut masalah-masalah yang dapat terjadi pada gigi dan mulut Anda apabila Anda tidak segera membersihkan dan mencegah karang gigi.

1. Mengganggu Penampilan

Karang gigi dapat mengganggu penampilan Anda. Pada umumnya karang gigi dapat muncul pada semua gigi tergantung dari cara Anda membersihkan gigi atau menyikat gigi. Pada orang yang cara menyikat giginya kurang tepat, karang gigi biasanya muncul pada bagian belakang gigi seri dan pada gigi geraham besar. Namun pada orang yang jarang menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, maka karang gigi dapat muncul dimana saja dan bisa muncul pada bagian depan gigi seri Anda.

Jika karang gigi muncul pada bagian depan gigi seri Anda seperti pada gambar di atas, maka akan mengganggu penampilan Anda. Ketika Anda tersenyum, tentu saja karang gigi Anda akan terlihat oleh semua orang. Hal ini dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri apalagi ketika Anda presentasi didepan umum ataupun ketika berbicara kepada semua orang.

2. Membuat Nafas Menjadi Tidak Sedap

Penumpukan karang gigi juga dapat membuat nafas menjadi tidak sedap. Ini dikarenakan karang gigi dibentuk oleh plak dan sisa makanan yang mengalami proses pengerasan. Sehingga karang gigi dapat membuat nafas Anda menjadi tidak sedap. Nafas tidak sedap juga dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri

3. Membuat Gusi Meradang Dan Berdarah

Gusi Anda sering berdarah ? Salah satu penyebabnya adalah karang gigi. Karang gigi dapat menyebabkan gusi sering berdarah. Ini disebabkan karena terdapatnya karang gigi didalam gusi atau yang disebut Subgingival Calculus. Hal ini dapat Anda rasakan ketika Anda menyikat gigi dan gusi Anda berdarah. Tentu saja kondisi ini tidak baik apabila Anda membiarkannya terus terjadi, karena akan memperparah kondisi gigi dan gusi Anda.

4. Merusak Jaringan Peyangga Gigi

Penumpukan karang gigi dapat merusak jaringan penyangga gigi Anda seperti tulang, gusi dan jaringan pengikat gigi . Ini dikarenakan terjadi penumpukan karang gigi yang terus-menerus merusak tulang dan juga mendorong gusi sehingga gusi akan turun. Gusi yang turun tentu saja mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar atas.

5. Gigi Akan Goyang Dengan Sendirinya

Karang gigi atau gingivitis yang dibiarkan menumpuk akan merusak tulang sehingga menyebabkan gusi menurun atau resesi gingiva. Tulang, gusi dan jaringan pengikat gigi yang sehat merupakan hal yang harus terpenuhi agar gigi Anda tetap melekat kuat. Apabila Tulang dan jaringan pengikat gigi sudah rusak, serta gusi sudah menurun, maka perlekatan gigi akan hilang. Sehingga gigi Anda akan goyang dan tercabut dengan sendirinya tanpa ada lubang gigi.

Itulah 5 akibat dari karang gigi yang dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan pembersihan dan upaya pencegegahan.
Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon