-->

Tuesday, December 22, 2015

4 Bahaya Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu komponen utama yang sangat diperlukan oleh tubuh. Karena lebih dari 75% tubuh manusia tersusun oleh air. Tubuh membutuhkan air untuk mengganti cairan yang telah berkurang didalam tubuh. Cairan yang masuk kedalam tubuh akan disaring oleh ginjal, nutrisi yang terdapat dalam air putih akan diserap oleh tubuh sedangnkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh akan dikeluarkan melalui urine (air seni) ataupun melalui keringat.

Cairan didalam tubuh berfungsi untuk membantu mengoptimalkan kinerja organ-organ dalam tubuh. Oleh karena itu manfaat air putih sudah tidak diragukan lagi, karena air putih memberikan begitu banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan Anda. Apalagi jika Anda mengonsumsi air putih dipagi hari ketika bangun tidur, tentu juga akan memberikan Anda segudang manfaat. Baca : 9 Manfaat Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur


Namun, mengonsumsi air putih harus sebanding dengan pengeluaran cairan tubuh. Jika cairan tubuh banyak berkurang baik melalui keringat ataupun urine (air seni) maka Anda harus banyak mengonsumsi air putih. Jika tidak maka akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi akan membuat seseorang menjadi lemas dan bisa membuat seseorang pingsan, koma ataupun meninggal.

Namun, selain dehidrasi perlu juga diketahui yang namanya Overhidrasi. Overhidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh berlebihan. Ini disebabkan karena mengonsumsi air putih yang berlebihan. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesehatan Anda. Apa saja dampak tersebut ? berikut akan dijelaskan :

1. Memaksa Ginjal Bekerja Lebih Keras

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring berbagai nutrisi yang terdapat dalam cairan yang masuk kedalam tubuh. Organ yang berfungsi sebagai penyaring di dalam ginjal adalah glomerulus. Umumnya manusia harus meminum air putih minimal 8 gelas perhari atau setara 2 L perhari. Ini dosis untuk orang yang mempunyai ginjal yang sehat, tapi bagi orang yang mempunyai masalah dengan ginjal maka harus mengurangi minum air putih. Ini karena ginjalnya sudah tidak berfungsi secara optimal.

Jadi tiap hari ginjal menyaring 2 liter cairan yang masuk ke dalam tubuh. Apabila Anda meminum air putih yang banyak lebih dari yang umumnya maka ginjal akan bekerja extra untuk menyaring cairan tersebut. Jika hal tersebut dibiasakan tiap hari, maka glomerulus yang berfungsi sebagai penyaring akan rusak sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal.

2. Dapat Merusak Komposisi Darah Dan Mengganggu Sistem Peredaran Darah

Darah manusia terdiri atas 45% sel darah dan 55% plasma darah. Sel darah terdiri dari Sel darah merah (eritrosit), Sel darah Putih (leukosit) dan Keping-keping darah (trombosit). Sedangkan plasma darah terdiri atas 91% air, 8% protein (albumin, fibrinogen, globulin dan protombin), 0,9% mineral (kalsium, fosfor, natrium klorida, zat besi dll), 0,1% garam.

Kadar kekentalan plasma darah telah terukur apabila kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Namun, apabila Anda mengonsumsi air putih secara berlebihan maka cairan dalam tubuh Anda akan berlebihan. Jika cairan tubuh berlebihan maka dapat mengganggu kadar kekentalan plasma darah, sehingga dapat juga mengganggu kekentalan darah. Apabila hal ini sampai terjadi maka akan terjadi gangguan sistem peredaran darah.

3. Volume Darah Meningkat

Kekurangan cairan akan berdampak pada menurunnya volume darah dalam tubuh. Sedangkan kelebihan cairan akan berdampak pada peningkatan volume darah. Apabila terjadi peningkatan volume darah maka tentu akan mengganggu kinerja jantung. Karena apabila volume darah meningkat maka akan meningkat juga tekanan pada dinding arteri.

4. Menyebabkan Hiponatremia

Hiponatremia adalah rendahnya kadar natrium atau sodium di dalam darah. Hiponatremia ini dapat juga disebabkan oleh banyak minum air putih (overhidrasi). Minum air putih berlebihan akan meningkatkan cairan di dalam tubuh, cairan yang berlebihan ini akan melarutkan natrium atau sodium yang terdapat dalam tubuh sehingga terjadilah hiponatremia atau rendahnya kadar natrium atau sodium didalam darah. Dampak ringan dari hiponatremia adalah dapat menyebabkan mudah mengantuk. Apabila hiponatremia tidak segera dihentikan maka akan bertambah buruk efeknya, salah satunya otot menjadi kaku dan kejang-kejang. Dampak buruk dari hiponatremia adalah dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Itulah yang dapat diakibatkan apabila Anda mengonsumsi air putih yang berlebihan. Konsumsilah air putih dalam batas yang sewajarnya agar air putih itu dapat memberikan manfaat. Baca juga 5 Tips mengonsumsi Air Putih yang Tepat dan Sehat

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon