-->

Tuesday, December 08, 2015

4 Hal Yang Menyebabkan Cacar Air

Varicella simplex atau yang lebih dikenal dengan nama cacar air merupakan penyakit umum yang sebagian besar orang sudah pernah mengalaminya. Cacar air merupakan penyakit yang menular dan umumnya sering menyerang anak-anak akan tetapi cacar air juga dapat menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air sebelumnya.


Secara umum cacar air hanya terjadi sekali seumur hidup namun tidak menutup kemungkinan bahwa cacar air dapat terjadi untuk kedua kalinya baik dalam bentuk cacar air kembali ataupun dalam bentuk lainnya yang berupa cacar ular atau bahasa medisnya herpes zoster. Namun sangat jarang sekali ditemukan kasus cacar kedua kali dalam bentuk cacar air, kebanyakan kasus yang terjadi dalam bentuk cacar ular atau herpes zoster.

Untuk tahu lebih jelas alasannya silahkan Anda baca Alasan Mengapa Cacar Dapat Terjadi Lebih Dari Satu Kali ?

Penyebab Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh VZV (Varicella Zoster Virus) yang menyebar melalui udara dan masuk kedalam tubuh sehingga memunculkan gejala-gejala cacar air pada orang yang telah tertular. Orang yang belum pernah terkena cacar air akan lebih rentan terkena cacar air. Ada beberapa faktor yang menyebabkan VZV (Varicella Zoster Virus) masuk kedalam tubuh Anda :

1. Lemahnya Sistem Imun atau Daya Tahan Tubuh

VZV (Varicella Zoster Virus) lebih mudah memasuki tubuh yang sistem imunnya melemah atau daya tahan tubuhnya menurun. Walaupun orang sudah pernah terkena cacar kemudian sistem imunnya melemah maka orang tersebut akan rentan terkena cacar untuk kedua kalinya. Oleh karena itu Anda harus selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat menjaga daya tahan tubuh Anda :
2. Melakukan Kontak Fisik Dengan Penderita Cacar Air

VZV (Varicella Zoster Virus) salah satu virus yang sangat mudah menular. Salah Satu cara menularnya yaitu dengan cara melakukan kontak fisik dengan penderita cacar. Sehingga Anda harus menjaga jarak dengan penderita cacar air yang cacarnya belum kering.

3. Menyebar Melalui Udara

VZV (Varicella Zoster Virus) juga sangat mudah menyebar melalui udara. Ketika penderita cacar air bersin atau batuk maka VZV (Varicella Zoster Virus) akan keluar dan terhirup oleh orang disekelilingnya. Orang yang belum pernah terkena cacar air akan lebih rawan terkena penyakit ini, namun bagi orang yang sudah pernah terkena cacar air maka di dalam tubuhnya telah terbentuk antibodi terhadap VZV (Varicella Zoster Virus) sehingga tidak akan berpengaruh ketika sistem imunnya baik ataupun meningkat. Berikut cara yang dapat Anda lakukan agar dapat menghindari virus yang menular melalui udara :
  • Memakai Masker Ketika Berhadapan Dengan Penderita Cacar Air
  • Menjaga Jarak Dengan Penderita Cacar Air Terutama Ketika Bersin atau Batuk
4. Kebersihan Diri atau Personal Hygiene yang Buruk

Kebersihan diri atau personal hygiene yang buruk sangat mempengaruhi cacar air. Karena kebersihan diri atau personal hygiene yang buruk akan memudahkan VZV (Varicella Zoster Virus) masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu Anda harus menjaga kebersihan diri agar terhindar dari VZV (Varicella Zoster Virus) terutama jika Anda belum pernah terkena cacar karena lebih rentan terkena cacar air. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Itulah 4 hal yang dapat menyebabkan VZV (Varicella Zoster Virus) memasuki tubuh Anda. Oleh karena itu hindari hal yang telah disebutkan diatas agar Anda terhindar dari VZV (Varicella Zoster Virus) yang menyebabkan cacar air.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon