-->

Monday, December 14, 2015

4 Tips Mencegah Penyakit Herpes Zoster

Cacar ular atau cacar api atau yang bahasa medisnya herpes zoster merupakan penyakit yang umum diderita oleh seseorang yang sudah pernah terkena penyakit cacar air. Karena herpes zoster atau cacar ular disebabkan oleh virus yang sama dengan varicella simplex atau cacar air.


Walaupun virus penyebabnya herpes zoster dengan varicella simplex sama, namun gejala-gejala penyakit herpes zoster berbeda dengan gejala-gejala penyakit cacar air. Untuk itu kenali terlebih dahulu gejala-gejala penyakit ini agar Anda dapat mengambil langkah selanjutnya dalam menangani penyakit ini.

Berikut akan dibahas pencegahan penyakit herpes zoster :

PENCEGAHAN HERPES ZOSTER

Pencegahan penyakit herpes zoster dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

1. Pemberian Vaksin Herpes Zoster

Pemberian vaksin herpes zoster merupakan salah satu cara mengurangi risiko terjadinya penyakit herpes zoster dan komplikasi dari penyakit herpes zoster. Pemberian vaksin herpes zoster ini dapat berupa virus herpes zoster yang telah dilemahkan dan kemudian dimasukan kedalam tubuh sehingga tubuh membentuk antibodi terhadap virus ini. Vaksinasi ini terbukti mampu menurunkan atau mengurangi risiko terjadinya penyakti ini terutama pada orang yang rentan, yaitu manula atau orang lanjut usia dan seseorang yang sistem imunnya rendah.

Di Amerika Serikat, pemberian vaksin ini telah disetujui dan digunakan kepada masyarakatnya sejak tahun 2006 untuk mencegah dan menurunkan risiko terjadinya penyakit herpes zoster. Salah satu uji coba yang pernah dilakukan di negara Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa pemberian vaksin ini mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit herpes zoster lebih dari 51% dan penurunan komplikasi penyakit herpes zoster sebesar 67%. Sehingga pemberian vaksin ini sangat dianjurkan tetapi tidak diwaibkan

2. Pemberian Vaksin Varicella Sejak Dini

Semua Anak harus mendapatkan vaksin vericella agar terhindar dari penyakit cacar air. Memang pemberian vaksin varicella ini tidak termasuk kedalam daftar imunisasi wajib, akan tetapi pemberian vaksin varicella ini sangat dianjurkan kepada anak-anak. Karena herpes zoster hanya akan timbul jika seseorang telah menderita penyakit cacar air.

3. Menjaga Sistem Imun Dan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun atau daya tahan tubuh sangat berpengaruh terhadap terinfeksinya suatu penyakit. Karena apabila sistem imun atau daya tahan tubuh Anda menurun maka Anda akan lebih mudah terinfeksi suatu penyakit. Begitu juga dengan penyakit herpes zoster, penyakit herpes zoster akan lebih mudah menyerang seseorang yang pernah terkena penyakit cacar air dan sistem imunnya sedang menurun. Maka dari itu Anda harus tetap menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit herpes zoster.

4. Mencegah Penyebaran Herpes Zoster

Penderita penyakit herpes zoster tidak dapat menularkan penyakit herpez ke orang lain akan tetapi penderita herpes zoster hanya akan menularkan cacar air kepada orang yang belum pernah terkena cacar air selama hidupnya. Anda juga dapat mencegah penyebaran penyakit herpes zoster dengan melakukan hal-hal berikut :
Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat mencegah terjadinya penyakit herpes zoster.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon