-->

Thursday, April 28, 2016

Manfaat Kulit Pisang Yang Luar Biasa Untuk Mata Dan Mood

Semua pasti telah mengenal buah pisang. Buah pisang sangat mudah ditemui karena pohon pisang sangat mudah dikembangbiakan. Pohon pisang dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah atau dataran tinggi dan hampir setiap wilayah di Indonesia dapat ditumbuhi pohon pisang.


Selain mengkonsumsi buahnya yang rasanya manis dan enak dikonsumsi, ternyata bagian pohon pisang lainnya dapat digunakan untuk berbagai hal seperti batang pohon pisang yang dijadikan sebagai kerajinan tangan, jantung pisang dapat dijadikan sayur, dan daun pisang yang digunakan untuk membungkus kue dan makanan karena memiliki bau yang khas. Namun ada 1 bagian pisang yang hanya dianggap sebagai limbah atau sampah yaitu kulit pisang.

Ketika orang mengkonsumsi buah pisang, tentunya kulit buah pisang hanya akan di buang karena dianggap tidak dapat dikonsumsi dan hanya menjadi sampah. Namun, tanpa diketahui ternyata kulit pisang mengandung berbagai manfaat seperti Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan Wajah, Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan. Selain kulit pisang memberi 2 manfaat tersebut, sebuah penelitian tentang kulit pisang menyimpulkan bahwa kulit buah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata dan menyeimbangkan mood.

A. Kandungan Kulit Pisang

Dalam kulit pisang terkandung Vitamin B6 dan Vitamin C yang cukup tinggi. Selain Vitamin B6 dan Vitamin C, kulit pisang juga mengandung Vitamin A, Vitamin B komples lainnya (B1, B2, B3, B5, B12), Vitamin E, Vitamin K, Serotonin Selenium, Zat Besi, Kalsium, Mangan, Magnesium, Tembaga, dan Serat.

B. Manfaat Kulit Buah Pisang Untuk Menjaga Kesehatan Retina Mata

Dalam sebuah study klinis yang pernah dilakukan tentang manfaat kulit pisang untuk menjaga kesehatan retina mata, para peneliti melakukan uji coba terhadap 2 kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol yang tidak mengkonsumsi kulit pisang sedangkan kelompok kedua adalah kelompok responden yang mengkonsumsi kulit pisang. Uji coba dilakukan dengan cara pemberian cahaya selama 6 jam dan dilakukan selama 2 hari pada kedua kelompok. Hasil dari uji coba tersebut adalah kelompok 1 yang tidak mengkonsumsi kulit pisang mengalami kematian retina mata sedangkan pada kelompok ke2 yang mengkonsumsi kulit pisang retina mata tidak mengalami kerusakan. Jadi hasil dari penelitian tersebut adalah dengan mengkonsumsi kulit pisang dapat membantu menjaga retina mata agar tidak mengalami kerusakan.

C. Manfaat Kulit Buah Pisang Untuk Membantu Menyeimbangkan Mood

Ternyata kulit buah pisang dapat membantu untuk menyeimbangkan mood atau perasaan. Kandungan serotonin yang banyak dalam kulit pisang dipercaya mampu menyeimbangkan mood atau perasaan. Walaupun belum ada penjelasan secara ilmiah, namun para ahli berpendapat bahwa seseorang dapat mengalami depresi atau berubahnya mood karena serotonin dalam otak berkurang. Dengan mengkonsumsi serotonin yang cukup maka akan membantu seseorang untuk menjadi rileks dan tenang. Namun, para ahli masih akan menguji hal tersebut pada manusia untuk membuktikan kebenarannya. Apabila terbukti kulit pisang mampu membantu menyeimbangkan mood maka sebaiknya Anda jangan membuang kulit pisang ketika selesai mengkonsumsi buah pisang.

D. Cara Mengolah Kulit Pisang

Ada beberapa cara mengolah kulit pisang agar dapat digunakan untuk menjaga kesehatan retina mata dan menyeimbangkan mood. Berikut beberapa cara pengolahan kulit pisang :

1. Mengolah Kulit Pisang Menjadi Jus

Cara mengolah pisang menjadi jus adalah sebagai berikut :
  • Siapkan alat-alat yaitu blender, pisau, dan gelas.
  • Siapkan bahan-bahan yaitu kulit pisang secukupnya, air secukupnya, susu kental manis (Bagi penderita diabetes dapat diganti dengan gula rendah kalori atau susu skim), buah-buahan (apel, pisang dan lain-lain) dan es batu (bila mau disajikan dalam keadaan dingin).
  • Cuci bersih buah-buahan dan kulit pisang yang telah disiapkan agar getah pada kulit pisang hilang.
  • Potong-potong buah-buahan dan kulit pisang yang telah dicuci.
  • Masukan potongan kulit pisang kedalam blender, kemudian tambahkan air secukupnya.
  • Setelah ditambahkan air, tambahkan juga gula dan es batu secukupnya.
  • Kemudian blender hingga halus dan sajikan dalam gelas.
  • Jus kulit pisang yang disajikan dalam gelas dapat ditambahkan dengan potongan buah-buahan untuk menambah rasa pada jus kulit pisang tersebut.

2. Merebus Kulit Pisang

Cara merebus kulit pisang adalah sebagai berikut:
  • Siapkan alat-alat yaitu panci, penyaring, dan gelas.
  • Siapkan bahan-bahan yaitu kulit pisang secukupnya.
  • Panaskan air yang akan digunakan untuk merebus kulit pisang.
  • Sambil menunggu air yang direbus mendidih, cuci bersih kulit pisang yang telah disiapkan agar getah pada kulit pisang hilang.
  • Rebus kulit pisang yang telah dicuci selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, tuangkan air rebusan kedalam gelas dengan menggunakan penyaring.
  • Selanjutnya air rebusan kulit pisang dapat dikonsumsi.

Itulah Manfaat kulit pisang untuk menjaga kesehatan retina mata dan menyeimbangkan mood serta cara mengolah kulit pisang agar dapat dikonsumsi. Jadi setelah Anda mengetahui manfaat yang luar biasa dari kulit pisang, apakah Anda akan mulai menyimpan kulit pisang ketika Anda selesai mengkonsumsi buah pisang atau Anda tetap akan membuangnya ?

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon