-->

Friday, May 20, 2016

Buah Apel Hijau Dapat Menurunkan Berat Badan

Banyak buah-buahan yang dapat memberikan manfaat membantu menurunkan berat badan, salah satunya buah apel. Buah apel terdiri dari berbagai jenis seperti apel rome beauty, apel fuji, apel anna dan masih banyak lainnya. Namun buah apel yang kali ini akan di bahas adalah buah apel yang berasal dari Indonesia yaitu buah apel manalagi atau yang dikenal dengan apel hijau.


Apel manalagi atau yang dikenal dengan apel hijau merupakan salah satu jenis apel yang berasal dari Indonesia yang tepatnya di Kecematan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Apel ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum walaupun warnanya hijau. Diameter buah apel hijau sekitar 5 - 7 cm dan memiliki berat sekitar 75 - 160 gram per buah. Buah apel hijau memiliki daging berwarna putih dan memiliki kandungan air sekitar 84,05%. Buah apel hijau memiliki biji yang berbentuk bulat dengan ujung yang berwarna cokelat tua dan tumpul.

Berbagai penelitian dilakukan terhadap buah apel hijau tentang manfaatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan, salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan tahun 2011 oleh Advances in Nutrition yaitu Hubungan Makan Apel Dengan Pengelolaan Berat Badan Yang Sehat.

Alasan Mengapa Buah Apel Hijau Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Penyebab Susah Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa penyebab orang susah menurunkan berat badan, salah satunya pola hidup yang tidak sehat. Dengan makan makanan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu akibat menumpuknya racun atau toksin didalam usus. Hasilnya proses pembakaran lemak dan kalori terganggu sehingga.

Salah satu cara yang ampuh untuk mengontrol berat badan adalah dengan detoksifikasi tubuh. Sehingga tubuh bebas dari racun dan organ-organ tubuh lainnya dapat melakukan fungsinya dengan maksimal. Selain itu cara lain untuk mengontrol berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori.

Kandungan Kalori Pada Apel Hijau

Buah apel hijau mengandung kalori yang sangat rendah sehingga menjadikan buah apel hijau menjadi salah satu pilihan sebagai menu diet. 1 buah apel hijau berukuran sedang mengandung 63 kalori sedangkan 1 buah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori. Jadi buah apel hijau lebih baik digunakan untuk diet daripada buah pisang. Hal ini sesuai dengan prinsip menurunkan berat badan yaitu pembakaran kalori harus lebih banyak dari pada asupan kalori. Jadi dengan mengganti menu makanan dengan makanan yang rendah kalori dan ditambah dengan aktivitas yang mampu membakar kalori seperti berolahraga secara rutin.

Kandungan Serat Pada Apel Hijau

Buah apel hijau merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh ISRN Obesity pada tahun 2013 mengatakan bahwa Serat Mempertahankan Rasa Kenyang dan Mengurangi Rasa Lapar. Jadi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi maka akan membantu seseorang agar rasa kenyang bertahan lama sehingga tidak lagi mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, sebuah kandungan nutrisi yang diterbitkan oleh Nutrisi Review mengatakan bahwa makan serat sebanyak 14 gram mampu menahan asupan sebanyak 1000 kalori, Setiap 1 buah apel hijau berukuran sedang mengandung 2,4 gram serat.

Saran Penyajian Buah Apel

Sebaiknya mengkonsumsi buah apel tanpa pengolahan karena kandungan buah apel yang tidak diolah masih utuh. Selain itu, memang buah apel dapat membantu menurunkan berat badan akan tetapi tidak semua nutrisi terdapat didalam buah apel oleh karena itu sebaiknya Anda mengkombinasikannya dengan makanan yang lainnya seperti makanan yang mengandung protein tinggi seperti kacang-agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Itulah manfaat buah apel untuk membantu menurunkan berat badan.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon