-->

Monday, December 28, 2015

8 Bahaya Dari Kurang Minum Air Putih


Semakin berat aktivitas yang dilakukan maka semakin banyak pula cairan tubuh yang berkurang. Cairan tubuh yang berkurang tersebut haruslah diganti dengan cara mengonsumsi air putih. Mengonsumsi teh, soda, kopi ataupun minuman lainnya juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, akan tetapi itu bukanlah solusi yang sehat dan tepat untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang. Karena dalam minuman tersebut zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, sedangkan air putih memiliki kandungan nutrisi diperlukan tubuh untuk mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh.


Memenuhi kebutuhan cairan tubuh haruslah tepat, tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh kurang. Apabila cairan dalam tubuh berlebihan akan menyebabkan terjadinya overhidrasi, namun apabila tubuh kekurangan cairan juga akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Selain menyebabkan dehidrasi, kurang minum air putih juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan Anda. Apa saja masalah yang dapat ditimbulkan dari kurang minum air putih ? Berikut akan dijelaskan :

1. Terjadinya Dehidrasi

Ketika melakukan berbagai aktivitas mulai dari yang ringan sampai yang berat tentu saja cairan dalam tubuh akan berkurang. Apabila cairan yang berkurang tidak segera digantikan maka akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. Dehidrasi disebabkan oleh kurang minum air putih. Gejala yang akan terjadi apabila terjadi dehidrasi adalah merasa lemas, kurang bertenaga, tenggorokan kering dan sakit kepala.

2. Terjadi Gangguan Pada Otak

Kurang minum air putih juga akan berdampak pada otak. Dampak yang terjadi adalah gangguan pada otak, seperti : lambat dalam berfikir, pelupa dan kurang konsentrasi. Hal ini disebabkan karena sebagian besar otak terdiri dari air sehingga apabila otak tidak mendapatkan cairan yang cukup akan mengganggu kinerja otak.

3. Terjadi Radang Sendi

Tulang rawan di persendiaan manusia memiliki kandungan air sebanyak 80%. Apabila kebutuhan air dalam tubuh tercukupi maka tulang rawan akan bekerja secara optimal untuk melumasi persendian sehingga akan memudahkan Anda untuk bergerak dengan bebas. Namun, ketika kebutuhan air dalam tubuh tidak tercukupi atau dengan kata lain terjadi kekurangan cairan tubuh maka akan berdampak juga pada tulang rawan di persendian Anda. Karena jika kebutuhan air tidak tercukupi, maka akan mengurangi pelumasan pada persendiaan sehingga akan menimbulkan gesekan yang besar. Apabila gesekan yang besar ini terjadi secara terus menerus maka dapat terjadi peradangan pada persendian (arthritis).

4. Merusak Ginjal

Ketika kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi maka ginjal akan bekerja secara optimal. Cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih. Namun, apabila mengonsumsi air putih berlebihan ataupun kurang maka akan memperberat kerja ginjal sehingga lama-kelamaan akan merusak ginjal. Ketika cairan tubuh berlebihan ginjal akan kerja extra untuk menyaring nutrisi yang terdapat pada cairan yang akan masuk kedalam tubuh.

Sedangkan ketika kekurangan cairan tubuh maka ginjal juga akan kerja extra dalam menyaring racun dalam darah, karena racun yang terdapat dalam darah yang merupakan hasil dari metabolisme tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih. Salah satu ciri-cirinya saat kekurangan cairan adalah urine (air seni) yang keluar dari tubuh akan berwarna keruh. Apabila Anda mengonsumsi air putih dengan tepat, tidak kurang ataupun lebih maka akan membantu ginjal untuk mengeluarkan racun tersebut dan tidak memperberat kerja ginjal.

5. Meningkatkan Risiko Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kemih

Masalah berikutnya yang akan terjadi apabila Anda kurang minum air putih adalah meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih. Karena ketika cairan yang masuk kedalam tubuh berkurang maka sistem ekskresi akan terganggu sebab racun yang telah disaring oleh ginjal tidak dapat dikeluarkan secara sempurna melalui urine (air seni). Apabila hal ini berlangsung lama maka akan menyebabkan berkembangnya bakteri pada saluran kemih. Sehingga disarankan untuk mengonsumsi air putih secukupnya agar bakteri yang terdapat pada saluran kemih keluar melalui urine (air seni).

6. Memperburuk Kondisi Kulit

Kurang minum air putih dapat memperburuk kondisi kulit karena menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Hal ini dikarenakan kebutuhan cairan yang cukup akan mengoptimalkan kinerja enzim. Jadi ketika Anda tidak mendapatkan cairan yang cukup maka enzim tidak akan bekerja secara optimal dan akan membuat struktur lapisan terluar kulit menjadi rusak sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.

Selain itu, kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya karena kekurangan cairan akan menyebabkan aliran darah pada pembuluh kapiler di kulit tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, konsumsilah air putih secukupnya untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit. Baca juga : 30 Makanan yang dapat Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit.

7. Menambah Berat Badan

Berat badan Anda dapat bertambah apabila Anda malas minum air putih. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi dalam jumlah banyak dan juga tidak diimbangi olahraga. Kebutuhan air yang cukup akan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Sehingga apabila Anda malas minum air putih maka metabolisme tubuh akan terganggu dan yang terjadi adalah penumpukan lemak didalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan berat badan dapat bertambah.

8. Menghambat BAB

Kurang minum air putih tentu saja akan menghambat BAB. Karena jika cairan yang masuk kedalam tubuh kurang dari yang seharusnya maka akan membuat feses menjadi keras sehingga akan menyulitkan orang untuk BAB atau terjadi sembelit. Oleh karena itu disarankan minum air putih secukupnya terutama ketika bangun tidur agar dapat memperlancar BAB. Karena waktu BAB yang baik adalah pagi hari.

Setelah Anda mengetahui 7 Akibat dari kurang minum air putih, sebaiknya Anda jangan malas minum air putih akan tetapi jangan juga minum air putih berlebihan karena hanya akan menimbulkan masalah pada kesehatan Anda sendiri.
Baca juga : 4 Bahaya Banyak Minum Air Putih

Oleh karena itu konsumsilah air putih secukupnya, karena apabila Anda mengonsumsi air putih secukupnya akan memberikan segudang manfaat.
Baca juga :

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon