-->

Friday, April 15, 2016

Diet Pisang Membantu Menurunkan Berat Badan (Morning Banana Diet)

Berat badan ideal adalah impian semua orang terutama bagi perempuan. Sehingga berbagai cara orang tempuh hanya untuk menggapai berat badan ideal seperti mengurangi porsi saat makan, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, atau bahkan sampai mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi berat badan.


Namun tahukah Anda bahwa Buah Pisang mampu membantu Anda untuk mengurangi berat badan. Buah Pisang mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin (B1, B2, B6 dan B12), Vitamin C, Vitamin D, Kalium, Kalsium, Fosfor, Besi, Sodium, Zinc, Magneisum, Serat, dan Resistant Strach (Pati Resisten) yang sangat baik untuk kesehatan dan membantu dalam menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan dengan menggunakan buah pisang dikenal dengan Diet Pisang atau Morning Banana Diet.

A. Asal Usul Diet Pisang atau Morning Banana Diet

Diet pisang atau morning banana diet pertama kali ditemukan oleh Sumiko Watanabe seorang apoteker yang berasal dari Jepang. Diet pisang atau Morning banana diet pertama kali diterapkan oleh Hitoshi yang merupakan suami Sumiko Watanabe pada tahun 2008 dan Hitoshi kehilangan berat badan sebanyak 37 pon atau setara 16,8 kg.

Setelah Hitoshi sukses menurunkan berat badannya, dia mengumumkan tentang diet pisang di salah satu situs jejaring sosial jepang yang bernama Mixi. Tidak lama setelah itu, Kumiko Mori yang merupakan seorang artis dan pengisi suara pikachu dalam kartun Pokemon mengatakan bahwa dia telah keilangan berat badan sebanyak 15 pon atau setara 6,8 kg setelah menerapkan diet pisang atau morning banana diet selama 6 minggu.

Setelah itu, diet pisang atau morning banana diet menyebar melalui mulut ke mulut, majalah, artikel, bahkan acara TV sehingga diet pisang atau morning banana diet menjadi sangat populer di jepang dan menyebabkan kelangkaan buah pisang pada saat itu.

B. Cara Melakukan Diet Pisang atau Morning Banana Diet

Cara melakukan diet pisang atau morning banana diet adalah sebagai berikut :

1. Menu Sarapan Pagi

Pada saat menerapkan diet pisang, Anda harus mengganti menu sarapan pagi Anda dengan menggunakan 1 buah pisang tanpa diolah (tidak di kukus atau di goreng) dan segelas air (bukan air panas atau air dingin). Anda dapat mengkonsumsi lebih dari 1 buah pisang akan tetapi tidak boleh sampai membuat anda kekenyangan. Hitoshi mengkonsumsi buah pisang 4 buah dengan ukuran sedang.

2. Menu Makan Siang

Sebelum Anda makan siang, Anda harus mengkonsumsi 1 buah pisang. Mengkonsumsi buah pisang sebelum makan siang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kenyang sehingga porsi makan siang tidak berlebihan. Menu makan siang yang dianjurkan adalah makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan yang manis-manis dan mengandung banyak gula.

3. Menu Makan Malam

Sama halnya dengan makan siang, sebelum Anda makan malam Anda harus mengkonsumsi 1 buah pisang yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kenyang sehingga porsi makan malam tidak berlebihan. Untuk menu makan malam yang dianjurkan adalah makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan yang manis-manis dan mengandung banyak gula. Hindari juga mengkonsumsi makanan ringan setelah makan malam.

4. Waktu dan Menu Cemilan

Dalam menerapkan diet pisang, Anda juga dapat mengkonsumsi cemilan. Namun cemilan yang dikonsumsi haruslah cemilah sehat yang tidak mengandung banyak gula dan ditambah dengan 1 buah pisang. Waktu untuk mengkonsumsi cemilan adalah di sore hari sekitar jam 3 sore.

5. Mengkonsumsi Air Putih

Pada saat menerapkan diet pisang, konsumsilah 1 gelas air putih ketika Anda sedang haus. Konsumsi air putih tidak diperbolehkan dalam jumlah banyak dan sekaligus diminum karena sangat berbahaya bagi tubuh. Bahaya Banyak Minum Air Putih

C. Aturan yang Harus Diterapkan Dalam Diet Pisang atau Morning Banana Diet

Menerapkan diet pisang memang kelihatan mudah karena hanya mengganti menu sarapan pagi dan mengkonsumsi 1 buah pisang sebelum makan siang dan malam. Namun, ada beberapa aturan yang perlu diketahui dan diterapkan agar diet pisang berhasil. Berikut aturan yang perlu diperhatikan dan diterapkan :

1. Makan malam tidak boleh melebihi jam 8 malam.
2. Setelah makan malam tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan ringan atau cemilan.
3. Tidur tidak boleh melebihi jam 11 malam.
4. Terdapat sela waktu 3 jam antara makan malam dan waktu tidur, sela waktu tersebut bertujuan agar makanan telah dicerna oleh tubuh sebelum Anda tidur.
5. Air yang dikonsumsi selama menjalani diet pisang adalah air yang bersuhu normal atau sesuai dengan suhu ruangan (bukan air panas atau air dingin)
6. Hindari cemilan yang mengandung banyak gula.
7. Buah pisang yang dikonsumsi bukanlah buah pisang yang diolah (tidak di kukus atau di goreng)
8. Sebaiknya Anda mengimbangi dengan olahraga ringan di pagi hari dan sore hari atau beraktivitas secara aktif untuk membantu proses pembakaran lemak.

D. Cara Kerja Buah Pisang Dalam Menurunkan Berat Badan

Buah pisang dapat menurunkan berat badan karena buah pisang mengandung Resistant Strach (Pati Resisten). Beberapa penelitian mengatakan bahwa Resistant Strach (Pati Resisten) dapat menumbuhkan rasa kenyang dan menghambat rasa lapar sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan berat untuk membuat Anda menjadi kenyang. 1 buah pisang mengandung sekitar 2-4 gram serat dan Resistant Strach (Pati Resisten). Selain itu, buah pisang juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan melancarkan Buang Air Besar.

Perlu Anda ketahui juga tentang buah pisang apa saja yang dapat dijadikan menu utama diet pisang dan bagaimana cara memilih pisang dengan kualitas terbaik. Tips Memilih Buah Pisang Untuk Diet

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon